Tuesday, May 30, 2017

Cara Mengatasi Hp Android Yang Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi Hp Android Yang Sering Restart Sendiri - Selain harga dan spesifikasi yang memumpuni, smartphone yang memiliki banyak kelebihan ini tak pernah lepas juga dari masalah yang kian terjadi seperti kejadian yang sekarang anda alami yaitu hp android restart sendiri secara terus menerus. Perangkat android juga pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing entah itu dari OS yang masih rendah atau ram yang sangat kecil, dari faktor spesifikasi inilah kita dapat menyimpulkan bahwa tidak semua harga yang mahal untuk menjadi patokan supaya smartphone tersebut dapat kita gunakan dengan nyaman.

Pada beberapa kasus yang membuat hp tersebut sering merestart sendiri biasanya adalah terlalu banyak aplikasi dan membuat hp tersebut lemot/hang. Lagi-lagi spesifikasi android yang menjadi penyebab utamanya, namun bukan hanya itu saja, karena ada juga yang spesifikasinya sudah sangat bagus namun bisa terjadi hal serupa juga. Maka dari itu anda pasti berfikir kenapa hp tiba tiba restart padahal digunakannya seperti biasanya.

Cara Mengatasi Hp Android Yang Sering Restart Sendiri

Jangan panik dan bingung, karena pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengatasi Hp Sering Restart Sendiri. Sebenarnya permasalahan ini pasti akan terjadi jika ada penyebab utamanya yang membuat hp android terus terusan reboot sendiri, maka dari itulah ketahui dan kenali apa saja yang dapat menyebabkan hal itu terjadi.

Untuk dapat kita memperbaiki hp android yang sering restart maka anda juga sebagai pemilik dan sekaligus yang menggunakan ponsel tersebut harus tahu betul apa yang sering anda lakukan. Misalkan saja kalian sering tidak sengaja menjatuhkan ponsel tersebut dan membuat beberapa komponen yang terbentur menjadi rusak atau error. Nah dari situ pasti kita sudah menemukan penyebab yang membuat Handphone Android Sering Restart Sendiri.

Namun, jika kalian tidak mengetahui lebih pasti apa penyebab yang membuat terjadinya hal seperti itu maka saya ada sedikit penyebab hp sering restart sendiri yang mungkin saja ini adalah yang pernah kalian lakukan dan tidak menyadari hal tersebut.

Beberapa Penyebab HP Android Sering Restart Sendiri


  1. Bisa disebabkan karena adanya virus yang masuk dan membuat system android ada yang rusak
  2. Sering melakukan pencopotan baterai untuk mengganti kartu sim pada android
  3. Tidak sengaja menjatuhkan smartphone dan sangat sering terjadi
  4. Kapasitas ram android sangat kecil
  5. Terlalu banyak install aplikasi yang tidak penting
  6. Penyimpanan Internal android sudah penuh
  7. Jarang membersihkan android dan cache sangat banyak sekali
  8. Dan masih banyak lagi
Itu ada beberapa penyebab utama yang sangat umum terjadi dan membuat hp android tiba tiba sering restart. Mungkin ada juga hal yang lainnya tetapi kita akan cari tahu bagaimana sih Cara Mengatasi Hp Sering Restart Sendiri, dan berikut tips untuk kalian.


Cara Mengatasi Hp Android Yang Sering Restart Sendiri

Terkadang hal ini akan membuat kita bingung mengapa handphone sering restart sendiri, oleh sebab itu pun ada pikiran yang terlintas untuk membawanya ke tempat service untuk dapat diperbaiki dan menyerahkannya kepada yang sudah ahli. Tetapi, itu tidak usah kalian lakukan, karena siapa tahu dengan melakukan tips yang saya berikan dapat memperbaiki hp yang sering restart sendiri, hal ini tentu akan membuat kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk biaya memperbaiki ponsel tersebut.

Nah jika sudah mengetahui penyebab utamanya maka selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mempraktekan dan melakukan cara mengatasi hp yang restart berulang ulang tersebut.


1. Memberishkan Smartphone Android

Smartphone android yang tidak dibersihkan dari file sampah atau cache tersebut akan membuatnya menjadi sangat lambat sekali untuk dapat kita gunakan. Dengan kinerja android yang tidak optimal tentu saja akan membuat handphone android sering restart sendiri loh, jadi sebaiknya kalian membersihkan smartphone tersebut menggunakan aplikasi pembersih yang sudah terinstall di hp kalian seperti Clean Master dan sebagainya.

Namun, jika kalian tidak memiliki aplikasi tersebut tentu saja dapat meminta kepada teman, saudara dan yang lainnya untuk mengirimkan apk tersebut atau juga jika kalian memiliki kuota internet dapat mendownloadnya langsung di toko google play store pada android kalian dan tentu saja gratis.


2. Menghapus Beberapa Aplikasi

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, terlalu banyak aplikasi yang terinstall di hp android kalian adalah faktor penyebab terjadinya smartphone android sering restart sendiri. Ini dikarenakan aplikasi inilah yang membuat ponsel kita menjadi lemot dan membuat menjadi sering macet/hang. Setiap app yang terinstall di android ini tentu saja memerlukan ram untuk menjalankan apk tersebut jadi tidak heran jika ponsel kita terasa lebih lambat jika terdapat banyak aplikasi yang kita install.

Jika tidak ingin terjadi hal seperti itu maka sekarang dapat menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan lagi apalagi jika aplikasi tersebut memiliki ukuran yang sangat besar tentu akan lebih banyak menggunakan ram dan penyimpanan pada android kalian.

3. Scan Antivirus Pada Android

Virus di android ini juga dapat membuat android sering restart sendiri, tanpa kalian sadari dan ketahui dari menginstall aplikasi sembarangan dengan sumber yang tidak jelas tentu saja virus atau malware dapat menyusup masuk kedalam ponsel kalian. Jika sudah seperti ini virus tersebut akan menyerang beberapa system android, aplikasi dan sebagainya untuk membuatnya error atau rusak. Virus pada android juga layaknya seperti penyakit pada umumnya, jika kita biarkan dan tidak diobati tentu saja akan menyebar kepada yang lainnya.

Jadi cobalah scan smartphone kalian dengan antivirus yang sudah terinstall, jika terdeteksi virus maka segeralah bersihkan smartphone tersebut. Tetapi bagaimana jika virus tersebut tidak bisa kita hapus? tenang karena pada artikel sebelumnya saya telah membagikan Cara Menghilangkan Virus di Android Secara Permanen.

4. Mengkosongkan Penyimpanan Internal Pada Android

Beberapa pengguna android tidak memikirkan memory internal pada hp mereka, dengan menyimpan seluruh file, data, foto, video dan lainnya tersebut menyimpan di storage internal. Hal tersebut tentu saja akan membuat kapasitas yang tersisa hanya tinggal sedikit dan tentu saja hal ini sangatlah buruk untuk performa kinerja ponsel tersebut. Penyimpanan internal ini juga sama seperti dengan ram pada android kalian, jika sudah penuh dan hanya menyisakan beberapa mb saja maka akan terjadi lemot atau bahkan hang/macet.

Nah jika sudah begini ponsel tersebut tentu akan secara otomatis merestart untuk dapat membuatnya optimal kembali. Jadi saya dapat menyarankan untuk kalian yang memang memiliki memori internal yang sedikit sebaiknya memindahkan dan menyimpannya di sdcard (memori eksternal), cara ini juga sangat efektif sekali untuk membuat smartphone kalian semakin kencang saat digunakan dan salah satu cara memperbaiki hp android yang sering restart sendiri.


5. Mereset Ulang Perangkat Android

Jalan satu-satunya yang terakhir untuk dapat perbaiki ponsel yang sering reboot/restart sendiri adalah kita dapat melakukan reset ulang atau kembali ke pengaturan pabrik. Pada cara ini juga akan membuat seluruh data seperti nomor telfon, aplikasi, file, foto, dan video yang tersimpan di dalam memori internal akan terhapus secara permanen. Jika kalian tidak ingin kehilangan semuanya, maka saya dapat menyarankan untuk dapat membackup terlebih dahulu sebelum di reset ulang.

Mereset ulang android juga sama halnya seperti kita melakukan flashing, namun bedanya hanyalah kita masih menggunakan system operasi yang sama alias tidak diganti dengan yang lain. Namun, jika system pada android kalian sudah rusak maka sebaiknya coba saja flash ponsel tersebut dan jika kalian menggunakan smartphone android xiaomi saya juga telah memposting bagaimana cara flash xiaomi redmi 3s / 3x /3x prime dan redmi note 3 mediatek.

Nah begitulah Cara Mengatasi Hp Android Yang Sering Restart Sendiri cukup mudah sekali untuk dilakukan dan kita juga tidak perlu membawanya kepada yang ahli karena tips ini tidak memerlukan keahlian khusus untuk dapat memperbaikinya, terima kasih.

Baca Juga :


EmoticonEmoticon