Monday, May 29, 2017

Cara Menghilangkan Virus di Android Secara Permanen

Cara Menghilangkan Virus di Android Secara Permanen - Banyak beragam jenis merek dan tipe smartphone android yang beredar di pasar. Namun, hal ini semua tidak pernah lepas dari masalah yang dapat di timbulkan seperti terserang virus yang berbahaya dan tidak bisa di hapus.

Perangkat android inilah yang memang menjadi suatu alat untuk dapat kita gunakan dengan berbagai macam hal seperti komunikasi, internetan, chattingan, streaming dan sebagainya. Dari semua fitur yang dimudahkan tersebut tentu saja tidak menjamin bahwa ponsel tersebut terhindar dari serangan virus yang berbahaya.

Cara Membersihkan Virus di Android

Mungkin kalian tidak tahu bagaimana cara menghapus virus android secara total dan tentu saja menggunakan cara yang baik dan benar. Sebenarnya virus ini dapat masuk ke hp kita bisa melalui aplikasi yang kita install dan biasanya ada orang yang iseng memasukan program khusus yang dapat membahayakan bagi ponsel kita seperti virus, trojan dan yang lainnya.

Apa sih bahayanya virus jika masuk ke dalam smartphone? Tentu saja sangat bahaya sekali jika kita tida membersihkannya karena smartphone kita selalu terhubung dengan akses internet yang membuat ancaman yang tidak sepele, seperti hp menjadi lemot, Pencurian Data Pribadi hinggai sampai pada beberapa aplikasi android rusak atau tidak bekerja dengan baik.

Bagi kalian yang memang beraktivitas online seperti membeli barang di olshop atau transaksi online lainnya yang melibatkan data pribadi bersifat rahasia itu harus tetap terjaga dan jangan sampai orang lain mengetahuinya. Tentu saja hal yang paling utama adalah membersihkan android dari virus dan program berbahaya lainnya.

Jika anda tidak tahu bagaimana cara membersihkan virus pada smartphone maka postingan kali ini kita akan mengulasnya, yuk kita simak dengan baik.

Cara Membersihkan Virus Pada Hp Android


1. Menggunakan Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus pada android ini begitu penting sekali dan memang harus wajib ada pada smartphone kalian. Antivirus akan selalu memantau kegiatan dan aktivitas kalian pada android sehingga jika ada beberapa kegiatan yang tidak wajar maka kalian akan diberitahu melalui notifikasi yang muncul.

Selain itu untuk penggunaan antivirus yang baik juga kita harus rajin scan ponsel supaya tidak ada file yang berbahaya dan jika terdeteksi maka segera hapus dan bersihkan. Biasanya file berbahaya ini adalah cache yang dikumpulkan pada smartphone android kalian loh.

2. Menghapus Aplikasi Tidak Jelas

Jika kalian menginstall beberapa aplikasi yang bukan dari sumber yang jelas, sebaiknya silahkan hapus app android tersebut. Sebab sumber yang tidak jelas inilah biasanya orang yang jahat memasukan program - program berbahaya bagi ponsel android kita. Jika pada aplikasi tersebut sudah terdeteksi di antivirus tentu android kalian sudah tidak aman lagi dan harus segera menghapus apk tersebut.

3. Tidak Menginstall Aplikasi Sembarangan

Selain kalian menghapus beberapa aplikasi yang sudah terinfeksi virus maka ada cara lain untuk pencegahannya yaitu tidak asal menginstall aplikasi pada android. Karena ini adalah kebiasaan bagi pengguna smartphone canggih yakni sangat menyukai dan ingin tahu kegunaan aplikasi tersebut dan mereka tidak tahu apakah apk android tersebut aman atau berbahaya.

Untuk mencegah virus masuk pada hp kita alangkah baiknya jika tidak sembarangan install app dan juga kalian harus mendownload apk tersebut pada tempat yang sudah terpercaya seperti google play store.

4. Rutin Membersihkan Android

Cara membersihkan virus pada android selanjutnya yaitu kita juga harus rajin untuk membersihkan smartphone kita menggunakan aplikasi cleaner yang terisntall di hp kita. Jika belum menginstallnya maka dapat mendownloadnya di play store karena ada banyak sekali aplikasi untuk pembersih android.

Aplikasi ini sangat berguna sekali, selain untuk membersihkan android dari cache yang banyak maka akan membuat kinerja smartphone kita menjadi lebih cepat dan tidak lemot loh.

5. Tetap Mengutamakan Pencegahan

Dari setiap poin penting diatas dan pada postingan ini juga kita membahas mengenai cara menghilangkan virus di android secara permanen yang artinya adalah posisi hp kita sudah terinfeksi oleh virus. Jadi selain melakukan hal diatas dan sudah kita bersihkan virus tersebut maka langkah yang selanjutnya adalah anda dapat melakukan pencegahan untuk kedepannya.

Pencegahan inilah yang sangat efekti untuk menghindari virus masuk atau program jahat lainnya yang datang tanpa kita ketahui. Melakukan pencegahan ini adalah kita harus melakukan pada poin diatas supaya terbebas dari ancaman virus yang berbahaya.

Nah seperti itulah tips untuk anda yakni bagaimana cara menghapus virus pada android, jadi jangan menganggap remeh pada virus tersebut karena jika tidak dibersihkan maka akan berdampak bahaya sekali loh seperti Pencurian Data Pribadi yang kita miliki.

Baca Juga :


EmoticonEmoticon