Monday, May 29, 2017

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Error

Tips Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Error - Pada kali ini admin mau memberikan sedikit tips untuk kalian yang mengalami touchscreen error pada smartphone yang kalian miliki. Pada saat ini banyaknya kasus yang terjadi pada layar android, karena touchscreen inilah yang akan membuat perintah untuk kita dapat menoperasikan ponsel tersebut.

Tidak berpengaruh pada harga dan kualitas yang bisa dikatakan mahal dan bagus. Sebab banyak pengguna smartphone yang menggunakan ponsel tersebut tidak wajar atau baik dan benar. Meskipun kalian telah menggunakan anti gores pada layar dan spesifikasi layar android kalian telah menggunakan corning glass yang bagus, ini tetap saja harus di imbangi dengan pemakaian yang benar.

Tips Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Error

Lalu bagaimana kita cara memperbaiki layar sentuh pada android yang error tersebut? Kalian mungkin tidak mau hal ini terjadi dan juga tidak menginginkan hp android kalian dibawa ke tempat service. Karena itu semua akan memerlukan biaya untuk penggantian dan juga akan menghilangkan segel akibat ponsel tersebut sudah pernah di bongkar.

Sebenarnya jika layar sentuh bergerak sendiri ini bisa saja disebabkan oleh hal kecil seperti touchscreen yang terkena debu yang membuat sensor tersebut menjadi error. Lantas bagaimana cara mengatasi touchscreen android error? Sebelumnya kita mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab utamanya dan setelah itu barulah kita memperbaikinya.

Penyebab Touchscreen Android Bergerak Sendiri


1. Banyak Debu Yang Menempel

Penyebab utama dari layar sentuh android yang error adalah karena ponsel kalian kotor dan jaranga dibersihkan. Merawat sebuah ponsel layaknya kita membersihkan rumah tentu ini adalah suatu keharusan bagi kalian sebagai pemilik ponsel tersebut.

Sebab kamu tidak ingin jika smartphone tersebut rusak, maka dari itulah harus dijaga dan dirawat setiap saat, supaya terhindar dari kerusakan dan dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Sering Mengalami Kehabisan Baterai

Pada saat kalian diluar rumah tentu saja akan jauh dari charger. Nah inilah yang mungkin membuat layar sentuh menjadi rusak atau error, sebab jika baterai tersebut habis tentu saja akan membuat smartphone kalian mati dan harus di isi kembali daya baterainya.

Mengapa ini bisa menjadi penyebab? Mungkin kalian tidak sadar atau tidak mengetahuinya, jika terlalu sering seperti ini tentu akan membuat ponsel tersebut rusak terutama pada layar sentuh. Karena komponen yang paling sensitif adalah touchscreen, seperti halnya saja kalian sering menghidupkan tv dan mematikannya kembali, tentu saja ini akan membuat laraynya menjadi rusak, nah begitu juga pada android.

3. Menggunakan Charger Sembarangan

Hal yang dapat menyebabkan layar sentuh android error adalah tanpa kalian sadar telah menggunakan dan memakai charger yang bukan original atau abal-abal. Mengapa? Karena jika kalian memakai charger yang bukan bawaan dari ponsel ini pada saat pengisian daya tentu arus listrik yang di alirkan tersebut tidak normal. Aliran listrik yang diantar melalui charger ini bisa terlalu besar ataupun terlalu kecil yang membuat banyak dampak negatif seperti touchscreen bergerak sendiri.

4. Kinerja Smartphone Tidak Optimal

Apakah kalian tahu bahwa jika ponsel android terlalu lemot ini juga akan membuat layar sentuh macet atau sering bergerak sendiri loh. Karena system pengoperasian android menggunakan ram untuk dapat kita membuka berbagai aplikasi android, maka jika ram tersebut hanya tersisa sedikit tentu saja akan membuat hp android lemot. Nah ini tentu tidak baik bagi komponen layar android.

5. Layar Android Terkena Air

Mungkin ada dari kalian yang pernah mengalami hp android terendam air dan tidak langsung mengeringkannya. Jika sudah begini selain membuat hp menjadi rusak akibat ada air didalamnya, hal ini juga dapat mengakibatkan kerusakan pada layar sentuh. Mungkin awalnya saja kita mengira bahwa ponsel tersebut tidak apa-apa dan masih bisa digunakan, dan ini memang benar sekali tetapi apakah masih bisa di pakai dalam jangka waktu yang lama? Tentu saja kalian tidak tahu kedepannya menjadi seperti apa.

6. Sering di Charger Semalaman

Selain kita menggunakan charger sembarangan, ada lagi yang masih berhubungan dan sering terjadi pada pengguna android yaitu lupa melepaskan charger pada saat pengisian daya. Hal ini juga tanpa kita sadari atau memang sengaja tidak pernah melepasnya, tentu akan membuat layar sentuh android error.

Banyaknya kasus yang sering terjadi dan telah menjadi suatu kebiasaan yang buruk, keseringan melakukan pengisian daya di malam hari yang membuat kita lupa dan tidak mencopotnya jika sudah penuh ini telah diabaikan begitu saja.

7. Layar Sentuh Benar-Benar Rusak

Nah penyebab touchscreen android error yang terakhir adalah layar sentuh tersebut memang sudah benar rusak dan harus diganti dengan yang baru. Jika sudah begini memang akan membuat kita menjadi kebingungan sebab hal yang paling utama terpikirkan adalah berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk mengganti touchacreen android.

Nah diatas adalah penyebab terjadinya layar sentuh pada android menjadi error, selanjutnya mari kita cari tahu seperi apa cara mengatasi layar sentuh android error yuk kita simak.

Tips Cara Mengatasi Touchscreen Android Error


1. Menggunakan Ponsel Dengan Baik dan Benar

Untuk menghindari terjadinya error pada layar sentuh di android yaitu kita harus menggunakan smartphone dengan cara yang semestinya. Karena dari penggunaan inilah yang akan membuat smartphone android menjadi awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Namun, jika sudah error, hendaknya kita mencari tahu terlebih dahulu supaya dapat kita analisa dan memperbaiki apa yang membuatnya menjadi rusak.

2.  Selalu Merawat dan Membersihkan Ponsel

Seperti yang telah saya katakan diatas, merawat smartphone android itu sudah menjadi tugas kita sebagai seorang pemilik sekaligus yang menggunakannya. Dengan begitu selain dapat memperbaiki touchscreen error kaka dapat mencegah pula dari masalah yang akan muncul jika tidak dirawat dan dibersihkan. Dalam merawat dan membersihkan ini adalah kita harus tetap menjaga dan rutin dalam membersihkannya baik itu di luar maupun didalam.

3. Jika Baterai Sudah Low, Hentikan Penggunaan

Kalian sudah tahu kan apa penyebab yang akan terjadi setelah tahu bahwa terlalu sering kehabisan daya baterai akan membuat layar sentu menjadi error/rusak. Maka, pada saat ini jangan dibiasakan dan memaksa untuk menggunakan smartphone android jika baterai sudah rendah, karena yaitu tadi dapat membuat layar sentuh android menjadi error.

4. Tidak Menggunakan Charger Sembarangan

Kita harus tetap melihat apakah charger tersebut baik atau tidak untuk kita gunakan. Karena pada penyebab diatas, jika kita salah dalam membeli charger hp maka bukan hanya layar sentuh saja yang rusak tetapi masih ada yang lainnya seperti daya tidak terisi dengan baik, baterai menjadi rusak dan lainnya.

Sebaiknya jika kita tidak memiliki charger bawaan ponsel itu, maka sebelum membelinya lihatlah tegangan daya yang dimiliki oleh charger hp tersebut. Karena setiap tipe ponsel itu berbeda-beda, jadi intinya adalah kalian cari tahu terlebih dahuli berapa tegangan pada charger untuk ponsel kalian, selain itu jangan terpengaruh oleh harga yang murah, karena bisa saja itu barang abal-abal.

5. Stop Kebiasaan Pengisian Daya Terlalu Lama

Selain dari kita memperhatikan charger yang kita gunakan, maka kita juga harus tetap mengingat kapan kita mengisi daya baterai dan kapan juga harus melepasnya. Ini adalah suatu hal yang sudah menjadi kebiasaan umum yaitu sering melakukan isi daya baterai dimalam hari yang membuat kita ketiduran dan lupa untuk melepaskan hp dari casan tersebut. Maksimal untuk kita mengecas ponsel itu adalah sekitar 4jam atau ada yang dibawahnya karena kekuatan kapasitas baterai tidak semuanya sama, jadi hentikan kebiasaan buruk tersebut.


6. Jangan Membuka Banyak Aplikasi

Mungkin ada dari kalian yang bingung kenapa kita tidak boleh membuka banyak aplikasi android. Ini dikarenakan untuk membuat kinerja android menjadi tetapi optimal supaya tidak terjadi lemot atau macet yang akan membuat layar sentuh android macet atau tidak merespon. Dengan kita hanya membuka aplikasi yang sedang kita jalankan, tentu saja akan membuat ram di android menjadi lega dan tidak sempit lagi.


7. Menaruh Ponsel di Tempat Yang Aman

Nah yang terkahir ini adalah kita harus meletakan smartphone android di tempat yang aman dan tidak ada benda tajam atau sejenisnya. Kebiasaan pada masyarakat yang umum adalah meletakan hp android di saku celana jeans, karena pada saku celana tersebut sangatlah sempit dan jika kita meletakan ponsel tersebut tentu saja sangatlah tidak baik. Jadi sebaiknya kalian menaruh smartphone kesayangan di tempat yang baik dan menurut kalian itu aman ya.

Itulah tips dari saya untuk Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Error, dari tips tersebut mungkin anda dapat banyak belajar dari merawat ponsel untuk dapat kita gunakan pada jangka waktu yang lama, terima kasih.

Baca Juga :


EmoticonEmoticon