Tuesday, May 23, 2017

7 Tips Ampuh Cara Menghemat Kuota Internet Semua Operator

Cara Menghemat Kuota Internet - Seorang pengguna smartphone android ini tak pernah lepas dari yang namanya kuota internet. Karena tak lengkap rasanya jika tidak memiliki pake data internet untuk melakukan browsing, nonton film, streaming dan sebagainya. Banyak berbagai operator jaringan yang memberikan fasilitas harga paket data untuk perbulannya yang murah dan ada juga yang mahal,

Perbedaan harga itu pun sangat mempengaruhi dalam kecepatan jaringan yang akan anda dapatkan, tetapi bukan berarti jika anda membelinya dengan harga yang mahal itu akan membuat internet di android menjadi lebih cepat. Namun kalian juga harus memperhatikan jaringan provider tersebut pada wilayah kalian apakah itu sudah sepenuhnya mendukung atau belum. Mungkin jika kalian perlu bantuan untuk mengatasi cara mempercepat koneksi internet maka saya juga pernah memposting pada artikel sebelumnya.

Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android

Pembahasan kali ini adalah bagaimana cara menghemat kuota internet, sebab bukan hanya kalian saja yang mengalami pemborosan karena banyak dari pengguna android juga mengalami hal seperti itu. Borosnya kuota internet ini bisa saja disebabkan oleh sesuatu yang menjadi penyebab utamanya, misalkan kalian sering nonton streaming di youtube dan ini tentu saja akan membuat data internet kalian cepat sekali habis. Untuk itu cara hemat kuota saat nonton youtube pasti kalian akan mencarinya untuk supaya dapat lebih lama dalam menggunakannya.

Sebelumnya kartu sim apa yang kalian gunakan untuk mengaktifkan data seluler pada ponsel kalian? apakah itu xl, axis, three, indosat, telkomsel atau yang lainnya. Sim card yang kalian gunakan itu tidak akan membuat masalah yang seperti ini. Baiklah misalkan kalian ingin tau cara hemat kuota telkomsel, maka caranya pun sama saja, nah maka dari itu ketahuilah terlebih dahulu apa penyebab utama dari cepat sekali habisnya kuota internet tersebut.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis


  • Terlalu Sering Nonton Streaming
  • Mendownload File Yang Berukuran Besar
  • Mengaktifkan Singkronasi di Android
  • Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang
  • Tidak Mematikan Update Otomatis Aplikasi
  • Data Seluler Selalu Aktif
  • Tidak Membatasi Aplikasi dalam Penggunaan Internet
  • Dan Lainnya
Penyebab permasalahan diatas tersebut sudah sangat umum sekali terjadi, namun masih ada banyak dari cepat habisnya kuota data internet kalian. Sebenarnya juga masih banyak sekali cara menghemat kuota internet di android, dan seperti inilah caranya.

Bagaimana Cara Menghemat Kuota Internet di Android


1. Selalu Memantau Aktivitas Penggunaan Internet

Hal yang menyebabkan kuota menjadi boros ini dikarenakan kalian tidak pernah atau jarang sekali untuk memantau aktivitas penggunaan internet pada smartphone kalian. Akibatnya pada saat kalian menonton youtube atau tv streaming maka tiba-tiba sudah tidak terkoneksi lagi pada jaringan internet. Kurangnya pemantauan ini sering terjadi dan hal yang paling utama, jadi untuk cara hemat kuota internet kalian harus lebih sering melihat dan mengetahui penggunaan data internet tersebut supaya tidak terjadi pemborosan paket data yang telah kalian beli tersebut.

2. Membatasi Penggunaan Data Internet

Cara menghemat kuota android selanjutnya adalah kalian perlu membatasi penggunaan setiap harinya. Ini sangatlah efektif, karena misalkan kalian mengaktifkan fitur batasi penggunaan internet di android maka 80% akan mampu menghematnya. Misalkan kalian mengatur settingannya dalam satu hari hanya perlu menggunakan maksimal 100mb saja untuk berinternetan dan jika melebihi angka tersebut tentu kalian tidak dapat menggunakan data internet tersebut.

Mungkin sebagian orang tidak mau menggunakan fitur ini, karena rasa kurang puas dalam berinternetan, sosial media, streaming, download, dan lain sebagainya. Tetapi jika kalian ingin lebih hemat kuota, sebaiknya mencobanya dengan melakukan cara tersebut.

3. Mengubah Settingan Update Otomatis Aplikasi

Aplikasi pada android begitu penting sekali, karena setiap rangkainnya itu berisi aplikasi untuk bisa kita operasikan. Namun, apabila kalian memiliki banyak aplikasi dan tidak menyetel untuk mematikan update otomatis ini akan membuat kuota internet cepat habis. Sebab setiap ada pembaruhan maka akan secara otomatis di perbarui, memang tidak ada salahnya kita mengaktifkan fitur tersebut namun apabila kalian memiliki aplikasi dengan ukuran yang sangat besar hal ini tentu membuat cepat habis. Nah dengan kalian menonaktifkan update otomatis pada aplikasi google play store ini mampu menghemat kuota lebih banyak loh.

4. Menggunakan Data Seluler Jika di Perlukan

Data Seluler di android ini jika kita aktifkan maka akan terus berjalan dan menyedot terus kuota internet pada smartphone kalian. Jadi untuk cara menghemat kuota internet, sebaiknya anda harus memperhatikan dalam memakai data tersebut, banyak sekali orang yang lupa untuk nonaktifkan data seluler di android dan membuatnya terus bejalan hingga baterai habis. Disisi buruknya lagi terlalu lama menggunakan data seluler akan membuat daya baterai cepat habis loh, sebaiknya anda hanya perlu menggunakan fitur tersebut jika diperlukan saja misalkan sedang bosan atau apalah.

5. Dapat Menggunakan Wifi atau Hotspot Portable

Jika kalian tidak memiliki kuota internet atau tersisa sedikit dan dekat dengan gedung atau tempat lain yang memiliki wifi maka dapat memanfaatkannya untuk dapat online kembali. Karena wifi ini kita gratis untuk berinternetan asalkan kalian sudah terhubung pada sinyal wifi tersebut. Menggunakan wifi ini adalah cara yang paling efektif dalam hemat kuota, karena kalian tidak perlu memiliki data interner loh.

Namun, jika di tempat kalian tidak ada wifi maka dapat menggunakan koneksi hotspot dan meminta teman, saudara atau yang lainnya untuk mengaktifkan hotspot portable untuk internet gratis. Ini bisa kita lakukan jika salah satu dari teman kita memiliki banyak kuota atau unlimited kuota internet.

6. Menggunakan Browser Hemat Kuota

Browser pada aplikasi di android kalian untuk dapat browsingan ini memang sangatlah penting sekali, tidak semua browser yang ada dapat menghemat kuota internet loh. Namun saya dapat menyarankan untuk kamu dapat menggunakan browser seperti Google Chrome atau browser yang memiliki fitur hemat kuota/adblock. Untuk menggunakan browser untuk mencari sesuatu di search engine google maka harus diperhatikan juga, google chrome sendirilah browser terbaik dan di kembangkan oleh Google, Inc supaya penggunanya dapat mengakses internet lebih cepat tanpa harus membuang kuota internet banyak.

7. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Pada tips yang terakhir untuk cara menghemat kuota internet ini kita dapat menggunakan aplikasi penghemat kuota internet di android. Kalian juga dapat mendownloadnya secara gratis pada toko-toko aplikasi android seperti google play store. Aplikasi penghemat kuota ini dapat membantu kalian untuk dapat lebih banyak kuota internet yang tersisa, cara kerjanya tersebut seperti menghentikan aplikasi yang berjalan otomatis, mematikan fitur di android yang membuat kuota menjadi boros dan dapat mempercepat koneksi internet juga loh.

Itulah beberapa kiat tentang Tips Ampuh Cara Menghemat Kuota Internet Semua Operator, dan tentu semua poin diatas sangatlah penting dan harus diperhatikan. Menggunakan data internet memang sudah menjadi kebiasaan dan rutinitas bagi pengguna android seperti kita ini dan ada beberapa masalah yang sering terjadi seperti pada pembahasan kita kali ini, terima kasih.

Baca Juga :


EmoticonEmoticon