Sunday, May 14, 2017

Cara Mengembalikan File, Foto dan Data Yang Terhapus di Android

Recovery File di Android - Data dan file penting yang yang kita simpan di dalam memori penyimpanan hp android ini tidak selalu aman. Karena sama halnya pada tempat penyimpanan lainnya seperti flashdisk dan lainnya tentu saja dapat mengalami kerusakan atau hilang sendiri tanpa sebab apapun.

Banyak orang mengira bahwa menyimpan file dan data disatu tempat saja tidak cukup untuk mengamankannya. Sebaiknya anda menggandakan data tersebut dan dapat menyimpannya di storage lain. Jika anda kehilangan, maka kalian tentu pasti kebingungan sekaki bagaimana sih cara kembalikan data yang hilang tersebut.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Smartphone android memang menjadi salah satu alat untuk berkomunikasi yang canggih yang telah banyak digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Karena dengan fitur yang memang belum ada di ponsel zaman terdahulu, gadget ini memberikan fitur yang paling populer yaitu pada kameranya untuk berfoto-foto mengabadikan moment yang penting.

Namun, dengan sedikit masalah yang ada yaitu file, foto dan data penting lainnya bisa saja hilang. Untuk cara mengembalikan photo yang terhapus baik itu disengaja atau tidak memang bisa saja kita akali dengan melakukan cara ini. Sebab untuk cara mengembalikan data yang terhapus di android ini bisa dikatakan susah tapi gampang.

Nah maka dari itu, jangan bersedih dan putus asa, sebab saya akan memberikan kalian solusi yang tepat untuk cara mengembalikan file, foto dan data penting yang terhapus di android, berikut ini bagaimana caranya.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android Belum Root


Perangkat android ini memiliki 2 jenis penyimpanan yaitu memori internal dan eksternal. Terkadang anda mungkin saja lupa menaruh file, foto, video dan data penting lainnya, sebab memang ada banyak folder di penyimpanan itu. Mungkin saja kalian bukan hanya kali ini mengalami hilangnya file, foto dan video di android. Jika anda ingin tau gimana cara mengembalikan video yang terhapus di android ini caranya sama saja, sebab bukan hanya video tetapi seluruhnya akan di recovery file di android kalian.

Nah mungkin kalian pasti tidak sabar untuk menunggunya, akan tetapi perlu di ingat bahwa yang sati ini cara mengembalikan file yang terhapus tanpa root ya.

Recovery File di Android Menggunakan Recuva


Aplikasi yang sudah dikenal oleh banyak orang ini memang terbukti dan sudah terpercaya oleh seluruh orang. Banyak yang telah berhasil mengembalikan data yang hilang menggunakan aplikasi tersebut, namun untuk menggunakan aplikasi ini kalian harus memiliki laptop atau pc, sebab ini buka aplikasi android. nah seperti ini langkah langkahnya.

  • Download aplikasi Recuva terlebih dahulu disini
  • Jika sudah mengunduhnya maka kalian dapat menginstall aplikasi tersebut
  • Nah jangan terlalu terburu buru, kalian juga jangan sampai lupa menghubungkan android ke pc menggunakan kabel usb ya dan pastikan penyimpanan android sudah terdeteksi
  • Nah barulah kalian buka recuva lalu pilih jenis penyimpanan mana yang ingin dikembalikan atau dapat memilih all file untuk mengembalikan data yang hilang termasuk pada sdcard anda
  • Setelah itu anda akan disuruh memilih lagi dimana letak penyimpanan yang ingin di recovery dengan memilih antara in a spesific location untuk menentukan sendiri dan i'am not sure untuk lupa lokasi tersebut
  • Supaya agar lebih baik anda dapat mencentang Deep Enable Scan untuk mencari data yang hilang dengan menyeluruh
  • Sekarang anda dapat memulainya dengan mengklik start dan tunggu hingga proses pencarian data hilang tersebut selesai
  • Setelah proses scan selesai maka akan tampil file yang terhapus dan dapat mengklik kanan untuk memilih menu recover checked
  • Langkah terakhir anda dapat menyiapkan folder untuk menyimpan data hilang tersebut dan jika semua sudah di recovery maka tahap terakhir anda dapat memindahkannya, selesai.
Nah berikut diatas cara mengembalikan file yang terhapus di android tanpa root menggunakan aplikasi Recuva, cukup mudah sekali kan.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android Root


Apakah kalian sudah merooting perangkat android? Jika iya maka cara mengembalikan file yang hilang di android root tanpa pc bisa kita lakukan dengan menggunakan apk android loh. Nah berikut ini ada beberapa aplikasi recovery file android yang bisa kalian gunakan dan mendownloadnya di google play store.

1. Undeleter Recovery File & Data

Apk android ini telah publikasikan dan dikembangkan oleh farhbot yang sudah di kenal dan percaya oleh seluruh orang untuk mengembalikan file, foto dan data yang terhapus di android. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan ada juga yang berbayar atau versi pro.

Memang untuk menggunakan versi gratis ini kita hanya mendapatkan fitur yang sedikit dibandingkan dengan pro yang akan membuka seluruh fitur tersebut. Tetapi jika anda ingin mengembalikan foto, file dan sms atau teks lainnya dapat menggunakan yang gratisnya saja.

2. Dumster Recycle Bin

Cara kembalikan data yang hilang selanjutnya kita dapat menggunakan aplikasi android yaitu dumster. Perlu kalian ketahui juga, apk ini bukan hanya sekedar restore file akan tetapi dapat mengembalikan file, foto dan data yang sengaja dihapus loh.

Sebelumnya apakah kalian tau dan pernah lihat shortcut recycle bin di windows? Maka jika sudah mengetahuinya akan sangat jelas sekali kegunaan dan fungsi recycle bin yang ada pada pc tersebut. Nah maka dari itu anda dapat melakukan cara mengembalikan file yang terhapus di android mengunakan dumster.

3. Disk Digger Undeleter

Cara melakukan recovery file di android tanpa pc yang terakhir dapat menggunakan apk android disk digger. Aplikasi ini tentu saja gratis untuk anda gunakan mengembalikan file yang terhapus di android, pada disk digger juga dapat merecovery file yang terhapus seperti format JPG dan PNG hingga musik dan video dengan format mp4 loh.

Berikut diatas adalah cara mengembalikan file, foto dan data penting yang terhapus di android. Dan apa yang harus kalian tunggu lagi, lakukan recovery file di android tersebut untuk dapat mengembalikan photo dan video yang sangat penting sekali, terima kasih.

Baca Juga :


EmoticonEmoticon