Monday, June 5, 2017

Cara Memperbaiki SD Card Rusak atau Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki SD Card Rusak atau Tidak Terbaca - Berhasil!!! Cara memperbaiki memory card yang tadinya rusak dan tidak terbaca sekarang dapat digunakan kembali. Tempat penyimpanan pada hp android memang begitu penting, karena biasanya rata-rata pengguna smartphone memiliki kapasitas penyimpanan internal yang sangat kecil. Hal inilah yang membuat kita menggunakan sdcard (kartu memori) sebagai alat penyimpanan tambahan pada ponsel.

Seluruh file dan data penting seperti foto, video, musik dan sebagainya kita dapat menyimpannya pada memori tambahan tersebut. Hal ini bertujuan supaya tidak membuat hp android menjadi lemot karena storage internal sudah sangat sempit. Dari beberapa kasus yang sering terjadi pada kartu memori ini biasanya Micro SD rusak atau tidak terbaca oleh hp android.

Cara Memperbaiki SD Card Rusak atau Tidak Terbaca

Beberapa dari mereka pasti akan panik dan bingung karena banyak file arsip penting yang tersimpan pada micro sd tersebut. Mereka akan memikirkan bagaimana cara memperbaiki micro sd yang rusak tersebut? karena banyak dari orang yang tidak mengetahui bagaimana solusi untuk memperbaikinya.

Biasanya pada sd card yang rusak ini selalu muncul pesan seperti kartus sd rusak minta di format atau pada saat kalian memformatnya malah tidak bisa di format. Hal ini sungguh disayangkan sekali, karena saya sendiri juga pernah mengalami hal tersebut dan akhirnya saya menelusuri bahwa ada cara memperbaiki SD Card yang rusak tersebut, tidak lupa juga saya memberikan tips ini kepada kalian yang membutuhkannya.

Pada dasarnya saya hanya menggunakan metode yang simpel saja, tetapi mungkin masalah tersebut berbeda dengan kalian dan maka dari itu ketahuilah penyebab sd card rusak dan tidak terbaca tersebut supaya kita dapat menganalisa dan mulai melakukan perbaikan, berikut ini ada beberapa penyebab utama yang sering terjadi pada kartu memori rusak.

Penyebab Micro SD Rusak Tidak Bisa di Baca / Format

Pada awalnya saya juga mengira jika memori card rusak ini kita harus membeli dengan yang baru atau bisa di katakan sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Namun, hal itu semua saya bantah karena saya mengetahui penyebab awalnya yakni terinfeksi sebuah virus yang mengakibatkan micro sd rusak dan tidak bisa terbaca lagi. Jadi hal yang paling utama adalah mencari penyebab awal terjadinya kerusakan pada memori card tersebut.

1. Terinfeksi Virus

Jika kalian sangat senang dan gemar sekali menyimpan berbagai file pada sdcard ini memang yang harus kita waspadai adalah file tersebut terbebas dari ancaman virus. Beberapa dari mereka yang menyimpan file sembarangan tentu saja akan dengan mudah virus tersebut masuk dan mengakibatkan kerusakan yang terjadi pada kartu memori. Saya juga menyarankan untuk kalian dapat membaca artikel yang satu ini Cara Menghilangkan Virus Secara Permanen di Hp Android.

2. Sering Melakukan Bongkar Pasang

Kejadian seperti ini biasanya pada orang yang sangat sering mendownload di komputer lalu mereka memindahkannya ke kartu memori dengan Card Reader. Ini sangatlah tidak bagus, sebab jika menggunakan alat tersebut maka kita harus mencopot kartu memori dan memasangnya kembali jika sudah selesai, karena melakukan bongkar pasang tersebutlah yang akan membuat gesekan pada kuningan yang terdapat di micro sd menjadi tergores atau lecet. Sebaiknya saya lebih menyarankan untuk menggunakan kabel data untuk transfer file antara komputer dan hp android, supaya lebih aman.


3. Terkena Kotoran

Penyebab kartu sd rusak yang selanjutnya juga bisa jadi sd card yang kalian miliki itu terkena kotoran atau semacamnya yang dapat mengganggu antara memori dan smartphone. Apakah kalian tahu betapa sensitifnya kartu memori tersebut jika terkena air/minyak sedikit saja bisa mengakibatkan kartu memori tidak terbaca, berhati-hatilah pada saat memegang kartu memori tersebut jika kalian melepasnya.

4. Sudah Tidak Layak di Pakai

Pada yang terakhir ini bisa jadi usia dari kartu memori sudah sangat tua dan sudah tidak dapat layak untuk digunakan kembali, memperhatikan umur kartu memori ini sangat penting untuk menghindari kerusakan mendadak (tiba-tiba), karena jika sudah rusak maka akan sulit sekali untuk memperbaikinya apalagi untuk memindahkan data dari memori yang rusak tersebut.

Berikut diatas mungkin kejadian yang paling umum, sebenarnya masih ada banyak lagi selain diatas tetapi pada artikel ini kita fokuskan kepada Cara Memperbaiki SD Card Rusak atau Tidak Terbaca supaya kalian dapat menggunakan kartu memori itu lagi seperti biasanya.


Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak

Oke sudah sejauh kalian masih tetap berada diblog saya demi mengetahui cara mengatasi kartu sd rusak hehehe. Tetapi sebelumnya kalian harus menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu karena tool yang paling penting yang harus kita pakai adalah sebuah komputer atau laptop, jadi jika yang tidak memilikinya maka dapat menyewa warnet.

1. Membersihkan Kartu Memori

Pada cara yang pertama ini pasti kalian sudah tahu dan sudah melakukan hal itu sebelum mulai mencari cara memperbaiki micro sd yang rusak. Tetapi masalahnya adalah apakah sudah benar cara membersihkannya? karena biasanya kalian tidak teliti dan benar pada membersihkan kartu memori, cobalah dengan melakukannya seperti ini. Copot sd card pada hp android, setelah itu kalian dapat membeli penghapus pensil yang pada waktu sekolah sering digunakan dan usahakan juga warnanya hitam karena biasanya warna hitam ini kotoran tidak akan menempel. Gosokan penghapus tersebut ke kuningan (tembaga) pada kartu memori sampai benar-benar bersih dan kinclong ya, nah jika sudah coba masukan sd card ke smartphone apabila sudah terdeteksi maka sudah pasti berhasil.

2. Silahkan Scan Menggunakan Antivirus

Metode yang kedua ini sekarang kita beralih menggunakan pc/laptop, mengapa harus dilakukan scanning? Hal ini bertujuan untuk memeriksa kartu memori tersebut terinfeksi sebuah virus atau tidak. Seperti yang saya jelaskan diawal, sd card rusak dapat terjadi apabila terdeteksi virus pada memori tersebut. Oleh sebab itu scan memori ini sangat wajib sekaligus untuk membersihkan virus yang berbahaya seperti trojan, malware dan sebagainya. Jika komputer kalian menggunakan antivirus Smadav maka dapat melakukannya dengan itu, buka aplikasi antivirusnya dan silahkan cari penyimpanan mana yang ingin di scan lalu pada opsi scan pilihlah Scan Total supaya dapat memeriksa lebih menyeluruh dan mulai klik Scan dan tunggu hingga selesai, apabila terdeteksi virus maka silahkan hapus dan dapat menyecan ulang supaya lebih memastikan.

Cara Memperbaiki SD Card Rusak atau Tidak Terbaca

3. Cek Error Menggunakan Tool di Komputer

Sekarang kita masih menggunakan komputer, tetapi tidak memerlukan aplikasi apapun karena ini adalah tool bawaan dari pc yakni untuk mengetahui penyimpanan tersebut ada beberapa data yang hilang yang mengakibatkan error dan dapat diperbaiki menggunakan tool ini. Silahkan kalian menghubungkan kartu memori menggunakan Card Reader atau Kabel Data dan pastikan juga sudah terdeteksi di komputer ya. Meskipun tidak bisa terbuka yang terpenting adalah terdeteksi, kemudian kalian dapat membuka Windows Explorer dan silahkan klik kanan pada kartu memori rusak tersebut dan pilih Properties dan akan muncul tampilan baru dimana kalian dapat memilih menu Tool lalu pada bagian Error-Checking dapat mengklik Check Now nah tunggulah sejenak hingga proses tersebut selesai, terkadang juga membutuhkan waktu lama dan jika sudah selesai maka silahkan Eject kartu memori kalian lalu coba masukan kembali pada smartphone.

4. Format Menggunakan Smartphone/Hp Jadul

Jika masih belum bisa diperbaiki coba silahkan kalian dapat melakukan format pada kartu memori menggunakan smartphone android atau juga bisa menggunakan hp jadul. Tetapi biasanya untuk memformat kartu memori paling ampuh yakni menggunakan hp nokia atau lainnya karena ada yang mengalami kartu memori tidak bisa di format dengan hp android. Dengan melakukan format berarti seluruh data baik itu foto atau video semuanya akan terhapus secara permanen tetapi bisa dikembalikan dengan membaca artikel Cara Mengembalikan File, Foto dan Data Yang Terhapus di Android

5. Format Menggunakan Komputer/Laptop

Nah pada cara yang terakhir untuk cara memperbaiki memory card tidak bisa di format (rusak). Maka dapat melakukan format menggunakan pc/laptop, karena jika tidak bisa lewat hp jalan terakhir kita menggunakan pc. Cara Memformat Karu Sd juga mudah kalian hubungkan kartu memori ke pc dan buka Windows Explorer lalu klik kanan pada memory card dan silahkan pilih Format. Setelah itu akan muncul tampilan baru dan kalian dapat memilih Start tunggu hingga proses format tersebut selesai kemudian Eject dan pasang kembali ke hp android yang kalian miliki.

Berikut diatas adalah Cara Memperbaiki SD Card Rusak atau Tidak Terbaca, karena yang paling berharga bukan dari kartu memori nya melainkan isi yang ada didalamnya. Jika kita membeli sd card baru memang harganya murah sekali dan banyak kualitas bagus di pasaran.

Baca Juga :


EmoticonEmoticon